Tour Belitung, Wisata Kuliner Yuk…

Home / Wisata Belitung / Tour Belitung, Wisata Kuliner Yuk…

wisata kulinerEnjoyBelitung – Cara terbaik untuk liburan ke pulau Belitung, apalagi bagi Anda yang belum pernah berkunjung sebelumnya adalah dengan mencari Paket Tour Belitung dari Travel-travel  Belitung. Nah, bila sudah dapat pilihannya, wisata kuliner Belitung patut Anda coba.

Ya, meski Belitung di kenal akan keindahan panorama alam, pantai dan pulau-pulau yang mengagumkan. Kemudian semakin populer sejak diangkatnya novel Laskar Pelangi kelayar lebar, namun Belitung tentu saja bukan hanya akaya akan pantai dan pulau. Anda juga bisa wisata kuliner untuk mencicipi anega masakan khas dari negeri Laskar pelangi ini.

Berikut ini beberapa Restoran terkenal dan kuliner khas Belitung yang bisa jadi refrensi sebelum Anda memutuskan untuk tour ke Belitung dan menjajal wisata kulinernya.

pulau lengkuas belitungMie Belitung

Anda tentu sudah familiar dengan mie khas Belitung. Banyak ulasan dan publikasi media baik di internet hingga tv yang menayangkan kuliner khas Belitung yang satu ini. Mie Belitung yang terkenal lezat bisa Anda anda nikmati di Warung Mie Atep dan Warung Mak Janah. Dua tempat makan mie Belitung ini sudah sangat populer diklangan wisatwan.

mie belitungMie Atep atau Mie Artis!. Beralamat di Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411. Warung ini buka setiap hari dari jam 8 pagi smpai jam 8 malam.

Sedangkan warung Mak Janah terdapat di pusat kota Tanjung Pandan, persis dibundaran Batu Satam yang menjadi titik nol Km Belitung. Mak Janah sudah ada sejak tahun 1925.

Menyantap mie Belitung paling enak dipagi hari. Setelah tiba di Belitung, anda bisa langsung meluncur ke salah satu warung mie Belitung tersebut.

Ngopi di Kota Manggar

“Manggar, Kota 1001 Warung Kopi”  adalah julukan khas yang mencerminkan keunikan kota ini. Di mana-mana warung kopi bertebaran. Suasana begitu hidup, hangat, dan masing-masing sudah dengan pelanggannya yang tiada henti berkunjung.

kota manggar belitung timur
Ikon kota Manggar Belitung Timur

Warung Kopi Atet, di jalan Sudirman  no 187 kawasan Lipat Kajang Manggar termasuk warung yang menjadi pilihan warga maupun turis yang datang.  Suasana santai maupun serius berbaur, bersamaan dengan segala lapisan masyarakat duduk bersebelahan.  Yang berbusana seadanya, sedikit lebih rapi hingga seorang dokter maupun  deretan pak polisi berseragam yang  menikmati jam istirahatnya. Gelak tawa, obrolan warung kopi  dan kepulan asap rokok menjadi pemandangan sepanjang hari. Sesekali Basuri Tjahaya Purnama, adik Ahok wakil Gubernur Jakarta yang menjadi Bupati di Belitung Timur, turut pula duduk ngopi bersama rakyat. Yusril Isha Mahendra sang pakar hukum mantan Mensesneg  bila mudik juga mampir ke tempat itu. Suasana warung kopi Manggar sudah tercipta sejak puluhan tahun lalu. Para penambang timah berkumpul pagi sore, maupun pegawai pemerintahan serta yang bekerja di perkebunan.

Atet ( nama panjangnya  Antonius Abidin Suherman) yang berusia 64 tahun ini  mulai meneruskan usaha warung kopi kakeknya, Afu, sejak tahun 1992.  Warung itu dirintis sejak tahun 1949 di lokasi yang sama.

Warung Kopi Ake

Orang Indonesia pastinya suka kopi. Tak peduli tempat minum kopi itu sekedar warung sederhana. Nah begitulah adanya kedai koipi Ake. api di balik kesederhanaannya, kedai ini penuh dengan sejarah. Kedai Kopi Ake, begitu namanya, disebut-sebut sebagai kedai kopi tertua di Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya di Jalan Veteran, masuk ke dalam gang yang disebut Gang 60.

warung-kopi-ake
warung kopi ake 2

Warung kopi ake sudah dari tahun 1922. Menurut pemiliknya Akiong, kedai ini sudah dikelola oleh 3 generasi. Usianya sekarang hampir satu abad. Menariknya peralatan yang dipakai di kedai ini masih sama. Gentong tempat menaruh air, alat penyulingan air, sampai ketel. Sebagian besar perkakas yang dipakai terbuat dari tembaga, sehingga mudah diperbaiki jika rusak. Kedai Ake sudah memiliki cabang, dikawasan Kave Senang, bersebelahan dengan warung Mak Janah dipusat kota Tanjungpandan.

Rumah Makan Belitung Timpo Duluk

Rumah makan dengan gaya tradisional khas Belitung tempo dulu ini terletak di : Jalan Lettu Mad Daud, Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

belitung timpo duluk
RM belitung timpo duluk

Menariknya, rumah tradisional tersebut ternyata telah berdiri antara tahun 1945- 1950. Kini selain dijadikan rumah makan aset tersebut kini akan dilestarikan untuk dijadikan cagar budaya termasuk museum mini tradisional Belitung.

Kini Rumah tradisonal ini pun sudah menjadi objek wisata baru di Belitung. Desain interior rumah makan ini akan membuat pengunjung seakan hidup ditengah kehidupan Belitung tempo dulu.

Menyenangkan bukan. Menikmati hidangan kuliner khas Belitung, dengan penyajian a la msyarakat Belitung Tempo Dulu. Tertarik untuk mencoba aneka makanan khas Belitung timpo duluk serta wisata kuliner khas Belitung lainnya?. Hubungi kami sekarang.