“Museum Kata” Andrea Hirata

Home / Uncategorized / “Museum Kata” Andrea Hirata


Satu-satunya di Indonesia, “Museum Kata” Andrea Hirata

Berkunjung ke Pulau Belitung tentunya sangat menyenangkan untuk bermain di pantai-pantainya yang indah dengan butiran pasir halus dan air laut yang jernih kebiruan sehingga siapa pun yang pernah mendatangi pantai di Pulau Belitung akan ingin kembali berkunjung pada saat liburan. Kenapa tidak, pantai di Pulau Belitung telah terbukti membawa wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dan meningkat tiap tahunnya.
Hal ini tidak terlepas dari peran masyarakat dan pemerintah mempersiapkan segala kebutuhan para wisatawan yang datang di Negeri Laskar Pelangi ini. Bercerita tentang film Laskar Pelangi tentunya Anda sudah mengenal sosok anak muda yang bernama Andrea Hirata yang mengangkat kisah perjuangan anak-anak miskin di Pulau Belitung untuk bisa melanjutkan pendidikan demi mewujudkan cita-citanya. Setelah sukses membawa film Laskar Pelangi, Andrea Hirata tidak lupa untuk mengabdi kepada daerah kelahirannya dengan membuat sebuah karya yang bermanfaat untuk Kepulauan Bangka Belitung maupun para wisatawan yang datang yaitu sebuah Museum.
Berbeda dengan museum pada umumnya, museum hasil karya Andrea Hirata ini bertemakan sastra dan menjadi prestasi gemilang karena satu-satunya museum sastra yang ada di Indonesia. Dikenal dengan sebutan “Museum Kata” inilah menjadi tempat Andrea Hirata menghasilkan karya-karya sastra yang terkenal dikolaborasi dengan seni nan indah membuat pengunjung akan berkata “Wow!!” setelah melihat karya sastra Andrea Hirata. Liburan akhir tahun atau liburan di akhir bulan masih dimenangkan dengan liburan akhir pekan tepatnya di hari Sabtu dan Minggu banyak wisatawan yang tidak jenuh untuk berkunjung ke museum ini. Tempat yang sangat cocok untuk mencari inspirasi dengan bersantai sambil menikmati “Kupi Kuli” yang berada di bagian dapur merupakan kopi tradisional masyarakat Belitung yang sudah terkenal sejak zaman tempo dulu.
Banyak juga pengunjung untuk melakukan hunting photo di museum ini dengan background atau latar belakang hasil karya seni dan sastra membuat hasil foto menjadi lebih mewah serta unik. Apabila Anda berkunjung ke museum ini, Anda akan disambut dengan tampilan depan museum yang unik terdapat sepeda ontel (sepeda tempo dulu) yang bergantungan dengan rapi, bangunan dinding warna-warni dengan jendela ciri khas tempo dulu juga akan membuat Anda semakin tertarik untuk melihat keunikan lain yang ada di dalam museum.
Setelah memasuki Museum Kata ini tentunya Anda akan mulai merasakan takjub melihat karya-karya Andre Hirata yang terpajang di dinding museum. Terlihat dari luar museum ini seakan-akan biasa saja, tetapi setelah Anda masuk dan melihat bagian belakang museum ternyata museum ini cukup luas. Bagian dalam museum ini terdapat beberapa kamar atau ruangan yang berisi berbagai macam hasil karya, seperti foto-foto para pemain film Laskar Pelangi kemudian ada juga perabot rumah tangga zaman dulu yang masih awet hingga kini seperti lesung, juga beberapa buku hasil karya Andrea Hirata menjadi koleksi museum ini.
Bagi Anda yang telah mengunjungi museum ini akan menjadi pengalaman yang indah dan menarik sebagai kenangan dari Pulau Belitung yang kaya akan keindahan pantainya. Dan bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Museum Kata ini bisa menyempatkan datang setelah menikmati pantai, museum ini terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No. 7 Gantong, Belitung Timur yang ditempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari Kota Tanjung Pandan dan Anda bisa juga mengunjungi replika bangunan SD Laskar Pelangi sekitar 10 menit dari Museum Kata Andrea Hirata.
Bagi Anda yang Ingin Menikmati Agro Wisata di Pulau Belitung ini,Silahkan Mengikuti Paket Tour Yang kami sediakan.Kami Memberikan Penawaran Termurah Bagi Anda. Buatlah Liburan Anda Berkesan Bersama Kami di TourBelitungMurah.com . Selamat liburan!