Belitung, Negeri Laskar Pelangi

Home / Belitung / Belitung, Negeri Laskar Pelangi
Tourbelitungmurah.com – Kata Laskar Pelangi sudah sangat akrab ditelinga kita. Kata ini telah menjadi bagian yang hampir tak terpisahkan dari Pulau Belitung. Sebuah pulau kecil yang kini telah menjadi salah satu surga wisata top di Indonesia. Siapa sangka, Belitung yang dulunya lebih dikenal sebagai daerah penghasil biji timah itu kini telah menjadi berubah menjadi daerah tujuan wisata yang digemari tidak hanya wisatawan lokal tapi juga mulai dikenal dikancah internasional.

Belitung merupakan bagian dari provinsi kepulauan Bangka Belitung. Namun kedua pulau ini tersebut (Bangka dan Belitung) telah memiliki pintu masuk masing-masing. Belitung memiliki Bandara dan pelabuhan di Kota Tanjungpandan. Bandara di Belitung juga telah dilayani oleh beberapa maskapai nasional, seperti Wings, Garuda, Citylink, dan Sriwijaya. Kini pengunjung yang ingin berkunjung ke negeri laskar pelangi itu tak perlu lagi harus ke pulau Bangka terlebih dahulu.

Kembali ke Laskar Pelangi, Belitung. Pada awalnya laskar pelangi hanya sebuah judul novel biasa. Novel yang hampir saja tidak terbit karena selalu ditolak penerbit. Namun sang penulis Andrea Hirata pantang menyerah. Dengan perjuangan sang penulis novel itu akhirnya pun bisa diterbitkan.

Siapa sangka, novel yang awalnya ditolak oleh cukup banyak penerbit itu akhirnya malah sukses menjadi buku paling laris. Laskar Pelangi menjadi buku best seller dan, ceritanya diangkat kelayar lebar dan juga meledak.

Nah, inilah beberapa objek wisata yang kini selalu ramai dikunjungi di Belitung berkat pamor film dan novel fenomenal Laskar Pelangi di Belitung:


1. SD Laskar Pelangi
Inilah salah satu destinasi favorit pulau Belitung yaitu Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang di bangun untuk keperluan shotting film Laskar Pelangi. Sebuah film yang diadopsi dari novel best seller karya Andre Hirata. SD Muhammadiyah Laskar Pelangi menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena buming-nya film laskar pelangi. Bagi setiap orang yang pernah menonton atau mendengar cerita tentang film laskar pelangi pasti penasaran dengan sekolah yang melahirkan generasi yang berprestasi seperti Andre Hirata.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang terletak di kecamatan Gantung/Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam-an dari pusat kota Tanjungpandan. Banguan yang berdiri diatas gurun pasir putih, Bangunan yang sudah hampir roboh. Atap yang bocor,  meja dan kursi yang sudah rusak parah, serta dinding yang menggunakan penyanggah kayu yang hampir roboh.

Disamping bangunan ini juga terdapat danau. Namun demikian, banyak wisatawan yang tertarik datang kesini walaupun hanya untuk sekedar mengabadikan momen tersebut. Ketika wisatawan berada di  Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi bisa merasakan perasaan kagum, karena dari bagunan sekolah yang tidak layak digunakan untuk belajar bisa mencetak generasi yang berprestasi.

2. Pantai Tanjung Tinggi
Berbicara Mengenai Pantai Tanjung Tinggi, Mungkin Tidak Asing Lagi Terdengar di Telinga Masyarakat Seluruh Indonesia…ya,,,Karna ini adalah salah satu pantai yang masuk dalam suting film Laskar Pelangi.film yang terkenal di seluruh indonesia yang mengangkat derajat pulau Belitung akan keindahan Harta Alam yang Tersimpan.
Air Pantai yang jernih dan Bebatuan Granit yang tersusun indah  seakan-akan membuat anda merasa masuk dalam sebuah dimensi  lain ketika anda sampai ke pantai ini.Percaya atau tidak ini Faktanya. Baca selengkapnya tentang Pantai Tanjung Tinggi disini.

3. pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang telah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika anda berkunjung atau liburan ke Belitung. Hampir semua wisatwan yang telah menikmati wisata di pulau Belitung tentu sudah sangat familiar dengan Pantai yang sati ini. Selengkapnya tentang pantai Tanjung Kelayang Bisa anda baca disini.

4. Museum Kata
Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Suasana yang disajikan novel Laskar Pelangi langsung terasa ketika menginjakkan kaki di halaman depan museum. Foto-foto yang dipasang di halaman museum seperti bercerita mengenai perjalanan karya sastra yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Belitung ini.

Masuk ke dalam museum dan suasana itu semakin terasa. Di ruang ini, dapat dilihat foto-foto sang penulis dengan kalimat-kalimat inspiratif. Salah satunya adalah yang bertuliskan “Bermimpilah karena Tuhan anak memeluk mimpi-mimpimu”. Selain itu, juga terdapat cuplikan dari novel yang telah diterbitkan dalam berbagai bahasa ini.

Masuk lebih ke dalam, pengunjung akan disambut dengan sebuah ruang yang sangat nyaman, lengkap dengan meja beserta buku-buku yang dibiarkan berserakan di atas meja. Di ruangan ini, juga dipajang foto-foto adegan film Laskar Pelangi. Cover-cover Laskar Pelangi yang diterbitkan di berbagai negara juga menghiasi dinding ruang ini.

Ruang utama ini menjadi penghubung ke ruang-ruang yang diberi nama berdasar nama-nama tokoh dalam Laskar Pelangi. Ruang pertama adalah Ruang Ikal. Di ruang ini, pengunjung dapat melihat cuplikan novel yang menggambarkan sosok Ikal. Foto adegan ketika Ikal berpisah dengan Lintang pun menjadi pemandangan yang menarik di ruang ini. Foto ini diambil dari film yang disutradarai Riri Reza.

Nah, itulah beberapa jejak-jejak sukses yang bisa menggambarkan bahwa Laskar pelangi merupakan slah satu identitas yang sudah sangat lekat dengan Belitung. Anda dapat mengunjungi berbagai jejak laskar Pelangi di Belitung dengan mengikuti Paket Tour Laskar Pelangi Belitung.