Vihara Dewi Kuan Im; Wisata Religi Belitung

Home / Wisata Religi / Vihara Dewi Kuan Im; Wisata Religi Belitung

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan sejumlah daya tarik wisata populer di Belitung Sebut saja Pantai laskar Pelangi, Pulau Lengkuas, SD Laskar Pelangi, Museum Kata atau Pulau Burung. Namun tahukah Anda bahwa Belitung juga memiliki destinasi wisata religi yang patut dikunjungi bila Anda berkesempatan tour ke Belitung. Adalah vihara buddhayana Dewi Kwan Im namanya. Wihara/kelenteng ini merupakan situs religi yang sudah sangat tua.

Wisata religi bisa jadi alternatif yang bisa Anda pilih dalam kunjungan ke Belitung. Selain kelenteng atau kuil Belitung juga memiliki sejumlah objek wisata religi lainnya. Anda bisa mendapatkan paket wisata religi Belitung dengan mudah. Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata dalam paket tour Belitung, khususnya paket tour laskar pelangi Belitung. Dari kuil ini pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke pantai Burung Mandi yang letaknya hanya beberapa menit dari tempat ini.

Kuil Dewi Kuan Im merupakan situs religi tertua dan terbesar di Belitung. Vihara ini telah berdiri lebih dari dua setengah abad yang lalu sekitar tahun 1747. Terdapat tiga bangunan yang digunakan sebagai tempat beribadah, bangunan pertama digunakan untuk berdoa kepada dewi kwan im, bangunan kedua digunakan untuk berdoa kepada Buddha sedangkan bangunan yang ketiga digunakan untuk berdoa kepada toapekong atau dewa laut.

Terletak desa burung mandi kecamatan manggar Belitung timur, dapat ditempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Belitung tanjung pandan dan sekitar 30 menit dari kota manggar, kabupaten Belitung timur. Untuk memasuki vihara ini, pengunjung harus menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 86 buah. Hampir seluruh bangunan didominasi warna merah. Seperti Vihara pada umumnya.

Di vihara ini terdapat sebuah kolam dimana pengunjung boleh melempar koin sambil mengucapkan permohonan mereka. Kolam ini disebut kolam tujuh bidadari. Sebagian warga percaya bahwa dengan melemparkan koin ke dalam kolam permohonan mereka dapat terkabul.

Vihara dewi kwan im selalu ramai di kunjungi wisatawan baik untuk beridabah ataupun sekedar ingin berfoto-foto. Vihara buddhayana ini memiliki keunikan tersendiri selain bangunan yang sarat akan nilai historis karena usia yang sudah mencapai dua setengah abad, terletak diatas perbukitan vihara ini menyuguhkan pemandangan menarik dan mengagumkan sebagian wilayah Belitung timur khususnya pantai burung mandi.

Tidak hanya pemandangan menarik yang bisa dinikmati, pengunjung dapat berfoto-foto mengunakan pakaian cina kuno yang sudah disediakan pengurus kuil/vihara.

Objek wisata religi di pulau Belitung memang tidak sebanyak di Bangka. Tidak heran untuk wisata religi seperti wisata ziarah biasanya wisatwan akan engambil rute tour Bangka Belitung. Mereka akan berwisata ziarah terlebih dahulu di Bangka, kemudian melanjutkan perjalanan wisata ke Belitung untuk menikmati pengalaman liburan ke negeri Laskar Pelangi.

Saat ini akses penyebrangan dari pulau ke Belitung memang relatif mudah. Sudah cukup banyak pilihan yang bisa Anda pilih. Anda dapat menggunakan kapal laut dengan waktu pelayaran sekitar 5 jam. Atau bisa menggunakan pesawat Wings dan Sriwijaya Air dengan waktu tempauh sekitar 25 menit penerbangan.

Mudah-mudahan tips singkat seputar wisata Religi di Bangka Belitung ini bisa membantu anda dalam merancang perjalanan wisata rohani yang menyenangkan. Bila tidak ingin repot anda dapat menghubungi travel belitung seperti Visca Tour Belitung atau kunjungi saja bangkatour.com