Uniknya Batuan Granit Berupa Layar Kapal

Home / Wisata Belitung / Pulau / Uniknya Batuan Granit Berupa Layar Kapal

pulau batu belayarMerencanakan liburan akhir tahun
Pulau Batu Belayar Belitung rasanya cocok masuk ke dalam destinasi wisata berlibur Anda. Apalagi mendekati penghujung tahun seperti ini, tentu Anda ingin merencanakan liburan menarik tak terlupakan. Bersama keluarga atau teman-teman, cobalah untuk menikmati indahnya pasir putih dengan hamparan batu granit di sekitaran pulau. Mengingat luas pulau ini tak begitu luas, yakni hanya sekitar 50 meter persegi, Anda lebih mudah untuk mengelilingi pulau tanpa alat transportasi pembantu sekalipun.

Sayangnya, pulau ini hanya bisa dikunjungi ketika laut tengah surut. Pasalnya perahu ataupun boat hanya mampu menepi atau merapat ke pulau Batu Belayar saat tidak terjadi pasang. Setelah menepi, Anda akan langsung disuguhi keindahan alam, termasuk pasir putih yang menjadi ciri khasnya. Bahkan Anda pun bisa berfoto selfie sembari mengekspos setiap sudut pulau dengan teman-teman dan keluarga. Ada begitu banyak batu granit yang bisa dijadikan background ataupun tumpuan saat ingin berselfie ria.

Keunikan pulau Batu Belayar

Dari sisi nama pulau, Anda tentu bertanya-tanya mengapa pulau kecil ini diberikan nama Batu Belayar. Sebenarnya tidak ada yang salah memang dari nama pulau kecil tersebut, yang menjadi gugusan dari ratusan pulau Belitung. Mengingat disana begitu banyak batu granit yang berdiri kokoh dengan keunikannya sendiri. Batu Belayar sendiri berasal dari satu batuan granit yang terlihat begitu mencolok dan sangat besar. Dengan bentuk menyerupai layar pada sebuah kapal yang tengah berlayar di lautan lepas.

belitungBatu ini menjadi simbol layar sedangkan bodi kapalnya sendiri adalah pulau Batu Belayar sendiri. Inilah cerita dibalik pemilihan unik dari nama pulau kecil yang berada di sekitaran pulau Pandan tersebut. Di sekitar pulau ini sendiri, Anda bisa melihat gugusan pulau lain, seperti pulau Pasir, pulau Babi atau pulau Kepayang, pulau Tanjung, dan pulau Burung. Tentunya setiap pulau memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Beralih dari asal-usul nama pulau ini, Anda tentu juga bertanya-tanya tentang transportasi ke pulau Batu Belayar Belitung yang indah tersebut. Pulau ini sebenarnya cukup mudah dijangkau, terutama dari pulau Tanjung Kelayang yang hanya memakan waktu 15 menit. Anda cukup menyewa beberapa perahu ataupun boat yang telah tersedia di sekitaran pulau. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari pulau-pulau kecil yang juga tersebar di sekitaran pulau Pandan, Belitung.

Dari beberapa cerita, pulau ini memang membutuhkan kemampuan khusus untuk ditemukan. Pasalnya ada beberapa yang kesulitan menemukan pulau akibat ketutupan pemandangan laut luas. Sehingga dibutuhkan pulau navigasi layak dan benar guna mencapai pulau Batu Belayar. Sedangkan dari sisi pemandangan, selain pasir putih yang sangat khas dan batuan granit, Anda pun bisa menikmati biota laut dari sekitaran pantainya. Di kala surut, begitu banyak bintang laut yang terdampar dan bisa Anda jadikan spot untuk hunting.

Hanya saja ada catatan penting saat menemukan bintang laut, yakni jangan lupa untuk mengembalikannya kembali ke dalam air. Pasalnya bintang laut tidak dapat bertahan lama di luar air, terlebih dengan sentuhan manusia yang terlalu lama.

Bagi Anda yang memiliki ketakutan dengan bintang laut, jangan khawatir akan hal tersebut. Karena bintang laut ini sama sekali tidak menyerang atau menggigit, kecuali bintang laut berukuran kecil. Bintang laut kecilpun hanya memberikan efek geli di jari, akibat jari-jari serta kaki-kakinya yang sangat kecil di pulau Batu Belayar Belitung.

So, rencanakan liburan Anda di Belitung bersama tour konsultan kami, nikmati pesona bintang laut dan exotisme pulau Batu Belayar, atau pilih paket tour Belitung Murah yang telah kami rancang spesial untuk Anda.