Pulau Pasir, Pulau yang Hilang Saat Air Laut Pasang

Home / Wisata Belitung / Pulau / Pulau Pasir, Pulau yang Hilang Saat Air Laut Pasang

pulau pasirPulau Pasir tak berpenghuni
Pulau Pasir, Belitung menuai popularitas yang cukup drastis akhir-akhir ini. Tak hanya wisatawan domestik yang banyak mengunjunginya, tetapi adapula turis mancanegara.

Hal ini tentu menarik perhatian kita, apa sekiranya yang diburu wisatawan di gugusan pulau kecil Belitung tersebut?

Padahal tak ada yang begitu berbeda di pulau ini daripada pulau-pulau lainnya yang berada di pulau Belitung. Hanya saja, memang dibutuhkan keinginan tersendiri untuk mau mengunjungi dan menikmati keindahan alam disana.

Bagi para pemburu wisata bahari atau tour pulau yang sering disebut Hopping Island, pulau Pasir adalah pulau kecil yang berbeda. Terletak di desa Keciput tepatnya termasuk dalam kecamatan Sijuk, pulau ini dapat dicapai dari pantai Tanjung Kelayang.

Bila Anda datang dari pusat kota Tanjung Pandan, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 30 km. Nantinya dari pantai Tanjung Kelayang, Anda akan menumpangi perahu atau boat nelayan yang disewakan untuk menuju ke pulau kecil tersebut.

Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 20 menit dengan kecepatan rata-rata untuk mencapainya. Sayangnya pulau ini hanya bisa dikunjungi pada saat air laut tengah surut saja. Saat pasang, permukaan pulau akan tertutupi laut dan tidak terlihat sama sekali dari atas air.

Oleh karena itu, Anda tidak bisa mengunjungi pulau ini sewaktu-waktu, tanpa arahan dari nelayan setempat. Biasanya para wisatawan memang bertanya terlebih dahulu pada nelayan, apakah air laut tengah pasang atau surut sebelum menuju kesana.

bintang-laut-pulau-pasirKeindahan biota laut Pulau Pasir

Lalu, apakah sebenarnya yang disajikan oleh pulau kecil yang tak berpenghuni ini? Bila dilihat secara keseluruhan, pulau ini memang berukuran cukup kecil, yakni hanya 100 meter persegi saja. Tak lebih dari itu, dengan daratan yang sama sekali tandus dan tak ada satu bangunan pun yang berdiri di atasnya.

Pulau Pasir Belitung sendiri hanya dihuni oleh beberapa biota laut yang kerap terdampar atau tengah menuju daratan saja. Tak jarang kalau wisatawan menemukan binatang laut, seperti bintang laut ada di sekitaran sini.

Satu hal yang pasti, pemandangan bawah laut serta biota didalamnya menjadi daya tarik tersendiri. Disini, para wisatawan disuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat mengagumkan dan mempesona. Mereka pun bisa menikmati kesegaran air laut dari pulau yang termasuk virgin tersebut, tanpa takut diganggu orang banyak.

Hanya saja Anda perlu melakukan persiapan lengkap sejak dari Tanjung Kelayang, untuk dapat diving, snorkeling ataupun berenang di area pulau.

Sebab disana sama sekali tidak ada jasa penyewaan peralatan renang maupun snorkeling dan diving. Sehingga Anda harus pintar mencari jasa penyewaan di sekitar pantai Tanjung Kelayang ataupun mempertanyakannya pada nelayan setempat.

Pada akhir pekan ataupun liburan panjang sendiri, pulau ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal. Mereka yang sekedar ingin menghabiskan waktu bersama keluarga sembari hunting foto, takkan sungkan-sungkan untuk mengunjungi pulau kecil ini.

Untuk para Hopping Island, jangan berharap lebih memang dari pemandangan alam di pulau ini. Sebab Anda hanya menemukan sebuah pantai kosong, tanpa sebatang pohon sekalipun. Itulah mengapa sejak awal pulau Putih ini sangat sulit ditemukan saat pasang, karena pasir putihnya akan tertutup penuh.

Walaupun begitu, biota laut tetap wajib Anda jajal dan menjadi buruan Anda selama berada di area pulau. Bila belum puas, cobalah untuk mengunjungi beberapa pulau yang juga berada di area pulau Belitung, sekitaran pulau Pasir Belitung.

Terpesona dengan pulau Pasir, Belitung?.

Masukkan Belitung sebagai tujuan liburan Anda bersama keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi. Booking paket tour Belitung murah yang dirancang team EnjoyBelitung. Nikmati pengalaman tak terlupakan. Untuk detailnya Anda bisa melihat Paket Tour Belitung 3 hari 2 malam ini sebagai gambaran.