Menyaksikan Keindahan Pulau Belitung Dari Mercusuar

Home / Wisata Belitung / Pulau / Menyaksikan Keindahan Pulau Belitung Dari Mercusuar

belitung lengkuas islandKeindahan mercusuar tua

Pulau Lengkuas Belitung belum begitu populer di kalangan wisatawan domestik. Tapi siapa sangka, jika pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi Belitung Barat ini telah populer di kalangan turis mancanegara?

Selama ini ekspos media terhadap keindahan pulau Lengkuas memang tidak seramai gugusan pulau lainnya. Terlebih selama ini media kerap mengekspos keindahan pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Padahal gugusan pulau lainnya yang berada di Belitung taklah kalah menarik.

Keindahan pulau Lengkuas misalnya, sebuah pulau yang memiliki luas wilayah tak lebih dari 1 hektar tersebut menyimpan pemandangan alam mengagumkan. Disini pun pengunjung tak hanya menikmati pemandangan saja, namun sebuah mercusuar tua yang masih beroperasi. Mercusuar yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda di tahun 1882 itu masih aktif mengatur lalu lintas laut. Setidaknya setiap kapal yang masuk dan keluar pulau Belitung dipantau dari mercusuar tua nan historis tersebut.

Sayangnya, mercusuar ini memang tak begitu terlihat dari daratan pulau Belitung. Anda harus ke pulau Lengkuas bila tetap ingin menyaksikan mercusuar setinggi 70 meter tersebut. Untuk mencapai pulau kecil inipun tidaklah begitu sulit dan tidak memakan waktu yang lama. Anda hanya perlu menumpangi perahu nelayan yang kerap menepi di dermaga, di sekitar pulau Belitung. Dari bagian atas mercusuar itu, Anda akan mendapati pemandangan yang berbeda dari pulau Belitung secara keseluruhan.

pulau lengkuas belitungPasalnya Anda bisa melihat setiap sudut Belitung dengan sangat jelas dan tanpa gangguan apapun. Memasuki area mercusuar, Anda sama sekali tidak akan dipungut biaya masuk, hanya disediakan kotak sumbangan sukarela. Perlu diketahui pula, ada sekitar 18 lantai yang harus Anda lalui untuk sampai ke puncak mercusuar. Itupun tidak diperbolehkan untuk mengenakan alas kaki hingga sampai ke bagian atas, menikmati pemandangan. Perjuangan Anda akan terbayarkan dengan imbalan setimpal, yakni pulau-pulau indah yang berada di sekitarnya.

lengkuaspulauKeindahan alam bawah laut

Seperti yang telah disebutkan di atas, pulau Lengkuas memang terpisah dari pulau Belitung sendiri. Anda harus menaiki perahu nelayan yang bisa disewa dari pantai Tanjung Kelayang selama 30 menit. Selain dari pantai ini, Anda pun bisa menyewa perahu dari Tanjung Binga dengan waktu tempuh 20 menit saja. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan pula oleh pemandangan sekitar yang penuh dengan keindahan, deru ombak dan aroma laut. Bahkan jajaran batu granit di kejauhan pun menjadi spot hunting foto yang menarik.

bawah laut lengkuasBagi Anda yang hobi diving dan snorkeling, jangan lewatkan sensasi diving disini. Karena ada banyak pemandangan laut dan biota laut yang wajib Anda amati dari kedalaman tertentu. Apalagi air jernih di pulau Lengkuas Belitung yang tak mengganggu sama sekali momen diving Anda. Hanya saja, memang dibutuhkan pendamping saat ingin menyelam dan snorkeling di dalamnya. Di samping itu, adapula penangkaran penyu yang dikelola langsung oleh penjaga pulau sekaligus petugas mercusuar.

snorkling lengkuasAnda bisa mengamati kehidupan dan pertumbuhan penyu di penangkaran satu ini. Hanya saja perlu diketahui, disini memang tidak ada pembangunan gedung ataupun fasilitas publik yang memadai. Sehingga Anda perlu mempersiapkan konsumsi sejak dari pulau Belitung untuk dibawa berwisata ke pulau ini. Nantinya, sampah yang Anda bawa sebisa mungkin dibawa kembali ke pulau Belitung untuk dibuang disana. Artinya, jangan membuang sampah sembarangan di area gugusan kecil pulau Lengkuas Belitung.

Nikmati keindahan yang menakjubkan dari pulau Lengkuas dengan mengikuti paket tour Belitung dari EnjoyBelitung. Tersedia paket paket wisata Belitung 3hari 2 malam lengkap dengan atau tanpa hotel.