6 Pesona Panorama Liburan Belitung

Home / Wisata Belitung / 6 Pesona Panorama Liburan Belitung

pantai_penyabongKeindahan Pulau Belitung tampaknya menarik minat banyak wisatawan untuk liburan Belitung. Wisata bahari di propinsi kepulauan ini memang sangat mempesona. Karakteristik pantai di pulau ini sangat unik dengan bebatuan granit yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Selain pesona pantai yang memikat, keindahan beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya juga sayang untuk dilewatkan. Sebut saja Pulau Lengkuas dan Pulau Burung, pulau Kepayang di Belitung yang keindahan alamnya sayang sekali untuk tidak direkam dan diabadikan dalam kamera Anda.

Belitung merupakan satu dari dua pulau besar yang menjadi bagian dari Propinsi Bangka Belitung. Selain kedua pulau besar tersebut, masih ada 470 kepulauan yang ada di sekitarnya. Namun, dari ratusan pulau tersebut, hanya 50 pulau yang berpenghuni. Itu sebabnya kondisi lingkungan dan alamnya masih sangat asri, karena belum sering terjamah tangan manusia.

Beberapa potensi wisata bahari, seperti snorkeling, diving, dan memancing menjadi andalan daerah ini. Bahkan, Anda bisa melakukan wisata berlayar mengelilingi kepulauan yang ada di sekitar Bangka dan Belitung.

Pulau Belitung sendiri merupakan sebuah daerah yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Dengan komposisi penduduk dari etnis Tionghoa mencapai 20% dari keseluruhan populasi Bangka Belitung, membuat daerah ini sibuk dengan kegiatan perdagangan. Oleh sebab itu, merupakan hal yang lumrah jika di tempat ini banyak dijumpai klenteng sebagai tempat ibadah etnis tersebut.

Belakangan Belitung menjadi sangat terkenal setelah buku Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata terbit. Buku yang bercerita tentang perjuangan anak-anak Belitung dalam menggapai mimpi memberikan sumbangan besar terhadap potensi wisata daerah ini. Banyak orang penasaran dan ingin datang mengeksplorasi keindahan Belitung yang diceritakan begitu rinci di buku tersebut.

pulau pasirBerikut adalah 6 tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda, liburan Belitung

1. Pantai Punai

Tempat wisata ini berada di sebelah tenggara Belitung, yaitu di desa Tanjung Kelumpang. Karakteristik pantai ini berbeda dengan pantai yang ada di Belitung dengan batu-batu granit besar. Pasir pantai di tempat ini berwarna putih bersih dan bertaburan batu granit dengan ukuran kecil. Suasana pantai ini masih sepi dengan ombak yang tenang.

Di seberang pantai ini terdapat sebuah pulau yang disebut dengan Pulau Punai, karena dulu merupakan habitat burung punai. Letak pulau ini cukup dekat dengan Pantai Punai, jika ingin menyeberang ke pulau tersebut, cukup dengan berjalan kaki saat air surut.

2. Pulau Pasir

Meskipun, disebut sebuah pulau, tapi sebenarnya tempat ini hanyalah daratan yang berupa tumpukan pasir berwarna putih. Ketika air laut surut, tumpukan pasir ini akan muncul dan berbentuk seperti pulau.

Namun, ketika air laut kembali pasang, maka seluruh permukaan pulau akan tenggelam dan tidak terlihat. Karena hanya berupa gundukan pasir, luas pulau ini hanya sebesar setengah lapangan sepak bola.

Meskipun demikian, banyak wisatawan yang singgah ke pulau ini pada saat surut. Biasanya, pengunjung akan mendatangi dengan menumpang perahu nelayan. Pemandangan dari pulau pasir ini memang sangat indah, karena sejauh mata memandang akan tampak gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya dan hamparan laut biru.

3. Danau Kaolin

Danau ini bukanlah tempat wisata umum, tapi bagi fotografer danau ini merupakan objek foto yang menakjubkan. Beberapa agen wisata menawarkan paket wisata ke tempat ini, karena keunikan pemandangannya.

Bentuk danau ini sangat unik, karena berupa ceruk-ceruk kecil pada pasir pantai yang terisi air berwarna biru. Panorama ini merupakan perpaduan dari air danau berwarna biru dengan kaolin yang berwarna putih. Keindahannya hampir sama dengan Kawah Putih yang ada di Jawa Barat.

4. Bukit Berahu

Objek wisata ini sebenarnya perpaduan antara restoran dengan bungalow serta villa yang dibangun di atas bukit. Bukit Berahu berada di Pantai Tanjung Tinggi yang memiliki panorama alam luar biasa khas Belitung. Pemandangan yang disajikan dari atas tempat ini benar-benar lengkap, karena hamparan pasir pantai dan air laut biru kehijauan tampak jelas. Sangat indah jika dijadikan objek foto liburan Anda.

Dari bungalow yang ada di tempat ini Anda bisa menuruni 97 anak tangga untuk mencapai pantai. Jadi disarankan untuk tidak menggunakan sepatu dengan hak tinggi jika mengunjungi tempat ini. Kelebihan berlibur ke tempat ini adalah pantai yang ada di bungalow merupakan bagian dari tempat wisata, jadi serasa memiliki pantai pribadi.

5. Pantai Penyabong

Lokasi Pantai Penyabong berada di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Batu Lubang. Keindahan alam pantai ini hampir sama dengan Pantai Tanjung Tinggi dengan ciri khas batu granit yang besar.

Yang membedakan dengan Pantai Tanjung Tinggi, adalah formasi batuan di sini saling menyambung dan memanjang. Batuan dengan permukaan datar ini menjorok ke laut, sehingga tampak seperti dermaga alami. Ombak pantai ini juga tenang, jadi cukup aman untuk berenang dan bermain air. Pasir pantainya sangat lembut dan berwarna putih bersih. Dikombinasikan dengan air laut yang jernih pemandangan Pantai Penyabong terlihat menakjubkan.

6. Pantai Nyiur Melambai

Nama tempat ini memang unik. Tapi bukan berarti pantai ini penuh dengan pohon kelapa, seperti pantai-pantai pada umumnya. Justru tanaman yang tumbuh subur di pantai adalah pohon pinus, sehingga kesan teduh dan nyaman tercipta.

Pantai yang berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur ini sangat populer di kalangan wisatan. Itu sebabnya objek wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini, seperti voli pantai, berenang, dan panjat tebing.

7. Museum Kata

Museum ini dibangun atas prakarsa Andrea Hirata, novelis yang terkenal dengan karyanya yang berjudul Laskar Pelangi. Di tempat ini pengunjung bisa menemukan berbagai karya literatur Andrea Hirata dan properti syuting film Laskar Pelangi dan segala hal yang berhubungan dengan film tersebut.

Museum Kata merupakan museum literatur pertama yang ada di Indonesia. Andrea Hirata menuliskan sebuah cerpen yang khusus ditempatkan di museum ini dan tidak dipublikasikan. Jadi jika ingin membacanya, Anda harus datang ke tempat ini.

Ia membangun tempat ini untuk menggugah bakat seni anak-anak dan remaja di Gantong, desa asal Laskar Pelangi. Selain berbagai hal tentang Laskar Pelangi, di sini juga terdapat Warung Kupi Kuli, yang menjadi gambaran kehidupan para penambang timah yang ada di Belitung.